DIY – Bikin Alas Foto Sendiri Yuk !

Seiring maraknya online shop, terutama via Instagram atau FB, kualitas foto produk pasti jadi salah satu faktor penentu bagi konsumen sebelum memutuskan mau beli produk kita atau ngga. Salah satu hal yang sepele tapi ternyata penting adalah alas foto….iya alas foto…bukan kamu….#lho

IMG_20170602_124132

Selain alas foto, kualitas kamera juga berperan tentunya. Daripada beauty camera dipake buat selfie habis-habisan mending buat foto produk…jadi duit….nanti duitnya dibelikan kamera yang lebih bagus….buat selfie…

Alas foto ini dijual online cukup banyak, harga yang jumbo ( 60 x 90 cm) berkisar Rp 170 ribuan. Berhubung lokasi saya di Kalimantan yang mana ongkirnya  mencapai               Rp 52 rb/kg tentunya cukup mahal juga jatuhnya.

Akhirnya saya putuskan bikin sendiri, dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Awali dengan niat…Innamal a’maalu binniyat…
  2. Download gambar yang anda inginkan, cari di google aja, kata kuncinya tambahkan “high resolution”. Misal wood texture high resolution.
  3. Print di digital printing / percetakan. Saya pake bahan albatros, dapat 6 gambar ukuran masing-masing 50 cm x 60 cm.
  4. Setelahnya potong dengan cutter tajam….setajam sembilu yang mengiris hati…IMG_20170602_092922
  5. Siapkan penggaris lurus (saya pake sisa rel horden biar greget), sama karton tebal yang biasa dipake buat bikin map tebal. Siapin juga dobeltape kertas yang tipis sama lakban buat jilid buku.
  6. Setelah dipotong, tempelkan kertas foto ke karton tebal dengan menggunakan doubletape. Dibikin seperti bingkai doubletape nya.
  7. Potong sisa karton tebal mengikuti pola kertas foto. Pake cutter aja, sekali potong ganti mata cutter nya biar selalu tajam, jadi enak motongnya….bisa juga buat motong snowcake supaya pastry nya ga ancur….IMG_20170602_104243
  8. Setelah selesai satukan 2 hati kertas foto dengan lakban. Enak pake lakban hitam sebenarnya, cuma karena saya cuma ada yang coklat ya sudahlah itu yg dipake….yang penting bisa menyatukan 2 alas foto yang berbeda….IMG_20170603_105052
  9. Dan selesailah sudah…alas foto lipat high res siap digunakan. Semoga berguna.IMG_20170603_111417
Advertisements