Darurat !! Bearing Kopling Yamaha MT25 Pecah, Substitusi Bisa Pake Punya…

Kisah ini diangkat dari kejadian nyata…kesamaan tokoh maupun motor bukan kebetulan, pihak yang terlibat tidak tahu kejadian ini SB jadikan bahan blog (tapi lama-lama pasti tau,mwahaha…) semoga bisa diambil manfaat dan hikmahnya…

Alkisah kejadian ini happening saat kami berencana pulang kembali ke pelukan amoy istri di rumah, tepatnya rute Pontianak – Pangkalan Bun, sekitar 60 km dari Pontianak kota. Saat sedang asyik slipstream dibelakang road captain bro Wandy Benelli (terlihat kali ini sang RC agak kelelahan, speed menurun, mungkin kebanyakan sarapan berat saat dihotel hehehe) tiba-tiba bro Anthony dengan MT25 nya menyeruak ke depan dan langsung kasih isyarat gunting, nunjuk tangki motor, trus mukul-mukul helmnya (wah apa ada gunting masuk tangki pikir saya), dan akhirnya kami menepi untuk melihat ada apa sebenarnya….dan pas sekali ada bengkel sekaligus rumah di tepi jalan jadi kami memutuskan langsung kesana.

“Wah tali koplingku putus bro….” keluh bro Anthon, untungya bro Chandra yang juga owner toko variasi motor siap menggelar barang dagangannya dengan kunci-kunci, gir, rantai, tali kopling, sampai keripik keladi khas Ponti… melihat hal ini bro Ical yang juga nyemplak MT25 sekaligus mekanik dan grasstracker langsung cek kondisi kopling MT25 Anthon daaaan…”kabel koplingnya bagus aja bang, sepertinya ada yang putus atau rusak didalam bak kopling” .

IMG-20160321-WA0030
bro Ical dengan cekatan membongkar bak kopling MT25

Lepas knalpot, selang radiator bawah, buka cover bawah untuk melihat sisa pecahan yang tertumpuk daaan….”bearing koplingnya pecah bang…” lanjut bro Ical sambil menunjukkan bearing yang sudah gundul tanpa pelor-pelor kecil yang berguguran didasar case. Makin galau gundah gulana bro Anthon, sialnya ga ada sinyal hape pula untuk minta bantuan ke Pontianak. Bro Wandy dan bro Anthon berkeliling mencari tempat tinggi untuk mendapat sinyal namun nihil. Akhirnya setelah bearing yang pecah kami cek, si bengkeler bilang “kayaknya sama dengan punya MX ini bang….” secercah harapan langsung membuncah menyeruak memenuhi rongga dada kami (focus please no lebay) kemudian si bengkeler memacu motornya kejalan untuk mencarikan bearing milik Jupe Jupiter MX….

IMG-20160321-WA0002
pecahan pelor bearing didasar bak kopling

Sejurus kemudian datanglah si bengkeler, kami bisa tahu dari raungan knalpot Leo Vince bobokan motor bebek ybs…dan membawa bearing dimaksud dengan merk aftermarket yang cukup terkenal, yaitu Komodach*…(terkenal gundulmu le, kalo merk sepatu memang mirip). Dicocokkan dan ternyata memang klop…langsung pasang, isi air radiator dikit, isi oli, daann….vrrroooommm….siap untuk #lampauidirimu

IMG-20160321-WA0032
penampakan bearing asli dan bearing aftermarket milik MX, bungkusnya yang biru dilantai

Wajah bro Anthon terlihat sumringah, kami siap gas lagi setelah hampir 3 jam tertunda…setelah berterima kasih, bayar bengkel dan cipika cipiki akhirnya kami bisa gasss lagi sampai P.Bun dengan lancar, kondisi motor bro Anthon dilaporkan oke sampai di P.Bun meski tetap ganti bearing lagi yang ori Yamaha. Kesimpulannya, bearing kopling Yamaha MT25 sama dengan / bisa substitusi dengan bearing milik MX135, dan kemungkinan sama dengan Vixion, R15, MX King dan Mio Soul….

Advertisements

4 thoughts on “Darurat !! Bearing Kopling Yamaha MT25 Pecah, Substitusi Bisa Pake Punya…

  1. Wah sama bro kasusnya barusan kayak mt25 ane, kejadian di tengah malem, terpaksa gas terus sampe rmh gak pake ganti gigi dan manteng di gigi 2 untung jaraknya gak jauh sekitar 2km. Bsknya lgsng sewa mobil bak buat angkut ke bengkel resmi, info dr bengkel kebanyakan mt25 & r25 bearing koplingnya nggak tahan lama, untuk kerusakan tsb bs di claim gratis untuk bearing dr yamaha dan jasanya tp disaranin pakai after market yg lebih bagus dengan merk skf/ntn dgn kode 61901 supaya gak keulang lg kejadiannya. Total pekerjaanya 2 jam lebih. Cm kena biaya oli sama air radiator di bengkel yg gak bs di claim juga plus sewa mobil bak

  2. Barusan gw juga kena, di klaten jateng, untungnya…masih untung………pas kejadian hanya sekitar 20 meter dari service Yamaha. Tapi karena di kota kecil, kagak ada yg namanya free bearing dan jasa.
    info. km MT25 5000, padaa saat kejadian MT25 dipakai touring surabaya-jogjakarta PP.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s